Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Bagi sebagian besar ibu yang mengalami hamil, maka di awal kehamilan menjadi masa yang tidak mudah dilewati. Selama fase ini, anda akan mengalami banyak keluhan sebagai reaksi alami karena adanya perubahan yang terjadi pada tubuh. Keluhan yang pasti dirasakan hampir oleh semua perempuan dalam masa kehamilan adalah perjuangan melawan mual saat hamil muda. Hampir sekitar 70 persen perempuan mengalami mual pada awal kehamilannya, dan sekitar 50 persen bahkan mengalami muntah. Frekuensi mual dan muntah yang terjadi pada setiap orang pun juga berbeda-beda.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mual saat hamil.
1. Cium aroma wewangian segar
Mual saat hamil umumnya disebabkan oleh penciuman yang begitu sensitif karena hormon estrogen menyebabkan sensitivitas indera penciuman ikut meningkat. Karena itu, tak heran jika anda bisa mencium aroma yang kurang sedap beberapa meter dari tempat anda. bahkan bisa saja anda tidak suka mencium aroma tertentu selama hamil seperti langsung mual saat mencium bau suami. Cobalah hirup wewangian yang beraroma segar, seperti lemon atau rosemary untuk mengurangi mual, dan tentunya pilih wewangian yang mengandung bahan alami.

2. Cukupi kebutuhan cairan
Kebutuhan cairan saat hamil tentunya lebih banyak dari sebelum hamil. Anda harus cukupi kebutuhan cairan dengan meminum air putih sebanyak 10-12 gelas per harinya. Jika kebutuhan cairan terpenuhi, maka suhu tubuh juga akan terjaga dengan baik sehingga tubuh terhidrasi dengan baik, dan rasa mual bisa berkurang.

3. Makan sedikit tetapi sering
Saat hamil, perut sering kembung karena asam lambung meningkat dan bisa membuat nafsu makan berkurang karena rasa mual saat hamil tak tertahankan. Anda harus tetap makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan makan sedikit demi sedikit tetapi sering. Memaksakan untuk banyak makan malah bisa memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga rasa mual semakin bertambah. Siapkan camilan berupa biskuit ke mana pun anda pergi untuk menahan rasa mual.

4. Konsumsi hal berbau jahe
Jahe disebut bisa membantu mengatasi mual saat hamil, karenanya coba tambahkan irisan tipis jahe segar ke dalam air hangat atau the anda. Minumlah hingga rasa mual yang dialami mereda. Hal lainnya, anda bisa mengonsumsi permen jahe saat mual datang.

5. Alihkan perhatian
Rasa mual saat hamil yang melanda bisa cukup mengganggu, karenanya alihkan pikiran pada hal lain yang disukai. Hal tersebut bisa membantu melupakan rasa mual untuk sementara waktu. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan karena dapat mengurangi rasa mual.

6. Menghindari hal yang membuat mual
Rasa mual bisa saja datang dari sesuatu yang tidak anda sukai. Coba perhatikan dan cermati, apa saja yang bisa memicu rasa mual anda. Jika anda telah mengetahui hal apa yang membuat anda merasa mual, maka hindari saja mencium bebauan itu.

7. Istirahat yang cukup
Hal paling sederhana sekaligus paling ampuh untuk meredakan mual saat hamil dan berbagai keluhan adalah istirahat dengan cukup. Ambil napas dalam-dalam, dan anda bisa luangkan waktu untuk tidur sejenak. Karena tidur adalah cara paling tepat untuk menghindari morning sickness pada kehamilan.
Itulah beberapa hal terkait mengatasi mual saat hamil  terutama pada trimester awal kehamilan. Tentunya melakukan beberapa cara tersebut bisa membuat anda merasa lebih nyaman bahkan bisa mengurangi rasa mual anda. Tentunya rasa mual tersebut bisa saja mengganggu aktivitas anda sehari-hari, namun hal tersebut tentu tidak dapat dihindari. Karenanya ada bisa menjauhi bau yang membuat mual, menghirup aroma yang menenangkan dan sebagainya untuk meredakan hal tersebut.
Previous
Next Post »